Selasa, 04 Desember 2012

UNY Kampus Wates Menjadi Tempat Kompetensi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2012


Suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi UNY yang ditunjuk oleh Dikti sebagai panitia penyelenggara Komurindo tahun 2012. Apalagi ajang bergengsi ini sebagian besar dilakukan di UNY Kampus Wates. Komurindo (Kompetisi Muatan Roket Indonesia) diselenggarakan oleh Ditlabmas Ditjen Dikti, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Pemkab Kulonprogo, dan Akademi Angkatan Udara (AAU). Untuk tahun ini, Komurindo diikuti 40 tim dari 32 perguruan tinggi se-Indonesia.
Serangkaian acara komurindo digelar dan dimulai dari tanggal 7-10 juni 2012, yang merupakan ajang kompetisi prestasi di bidang rancang bangun muatan roket bagi mahasiswa Indonesia. Dengan mengusung tema “Attitude Monitoring and Surveillance Payload”, acara di mulai dengan press conference tanggal 7 juni 2012, di Kampus UNY Wates. Kemudian tanggal 8 Juni 2012 diadakan uji fungsional dan muatan roket, di Aula Kampus UNY  Wates Kulonprogo.

Keadaan yang berbeda terjadi diluar Aula Kampus UNY Wates, disana digelar pertunjukkan kesenian khas Kulon Progo, dan kelompok anak band yang menghibur masyarakat sekitar, maupun peserta kompetisi yang notabene berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Mereka menampilkan kesenian seperti reog dan jathilan tradisional Kulon Proho.

Tak mau ketinggalan, pada kesempatan ini 5 mahasiswi PGSD UNY Kampus Wates juga ikut serta memeriahkan kegatan tersebut. Mereka menampilkan tarian “Bangun Desa” yang merupakan tarian yang berasal dari kota yang disebut “The Jewel of Java”, Kulon Progo. Tarian tersebut menggambarkan kehidupan masyarakat Kulon Progo yang hidup di desa yang bermata pancaharian sebagai tukang “deres” kelapa. Dengan bangga mereka mempersembahkan tarian tersebut yang mengundang decak kagum para penonton.

Antusias masyarakat sekitar Kampus UNY Wates terlihat dengan dibukanya stand makanan, dan menjual kain batik. Tidak hanya itu UKM Rekayasa Teknologi UNY, AAU, dan dari LAPAN juga turut membuka stand untuk menunjukkan kepada civitas akademika maupun masyarakat umum hasil karya mereka sesuai dengan bidangnya.

Dalam kompetisi ini, roket buatan tim UNY yang di namai Ksatria Langit dan Pasupati yang telah melalui proses persiapan panjang, selama tiga bulan mereka bekerja keras kini berbuah manis. Hari sabtu, 9 juni 2012 berhasil dilaksanakan uji terbang, yang diselenggarakan di pantai Congot Kulon Progo. Dalam acara ini dihadiri oleh Direktur Penelitian Ditjen Dikti, Rektor UNY, Kepala LAPAN, Bupati Kulon Progo, dan AIFAN Pakistan Asia Pasifik. Puncak acara Komurindo sendiri dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Juni 2012 bertempat di ruang Gedung Kaca Kulon Progo, dimana agenda dari acara ini adalah presentasi dari para peserta Kompetisi.
Finally, selamat ya untuk UNY yang berhasil menjadi juara favorit Komurindo. Good job guys :D
numpang narsis yaa...


Irma Mulyaningsih
PGSD_FIP_UNY_2011
*disadur dari beberapa sumber








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aplikasi