Kamis, 15 November 2012

Pentas Kesenian Pelajar Kabupaten Kulon Progo 2012



Pentas Kesenian Pelajar (PKP), yang diadakan tanggal 28 April 2012. Dengan ketua panitia Irma Mulyaningsih, kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja bidang Minat dan Bakat (Mikat) HIMA PGSD UNY Kampus Wates dan merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Dinas pendidikan Kab.Kulon Progo yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNY Kampus Wates .
Menurut Ahmad Wahyudin selaku ketua HIMA UNY FIP Kampus Wates “Acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyambut dies natalis UNY yang ke-48, selain itu sebagai bentuk pengabdian dan kontribusi kami sebagai Mahasiswa UNY kepada pendidikan Kulon Progo khususnya Sekolah Dasar.”
Dalam PKP ini diadakan 8 macam cabang lomba baik tingkat SD (4 macam lomba) maupun tingkat SMP (4 macam lomba). Diantaranya : lomba tari, lomba menggambar, lomba cipta dan baca puisi, dan lain-lain. Dengan jumlah peserta sekitar 450 peserta.
Tropi yang diperebutkan adalah untuk tingkat SD juara I thropy rektor UNY, juara II thropy Dekan FIP UNY, Juara III thropy UNY Kampus Wates. Sedangkan untuk tingkat SMP adalah Thropy dari dinas pendidikan kab.kulonprogo.
Pembukaan acara berlangsung meriah, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan Khidmat, lalu dilanjutkan oleh sambutan dari rektor UNY yang diwakili oleh Dra.Murtiningsih,M.Pd , lalu dilanjutkan oleh sambutan sekaligus pembukaan PKP dari kepala dinas Pendidikan kab.kulonprogo yang diwakili oleh kepala bidang PNFI. Dalam penyampaiannya disampaikan sambutan dari kepala dinas Pend.Kulon Progo yang isi pidatonya adalah “Acara PKP itu sendiri merupakan bentuk pengungkapan dari ekspresi seni kaum pelajar, khususnya yang berada di kabupaten kulon progo, PKP itu juga sebagai salah satu bentuk kegiatan dari adanya pendidikan karakter yang marak dibicarakan”. Lalu dilanjutkan dengan pemukulan kenong oleh perwakilan dari dinas pendidikan kabupaten kulon progo yang didampingi oleh perwakilan rektor  UNY.
Selanjutnya pembukaan dilanjutkan dengan acara persembahan tari gancar dari SMP 2 Pengasih. Dimana tari gancar itu sendiri merupakan tarian ciptaan dari Ibu Hermi Wahyu Handayani S.Sn, yang merupakan guru SMP N 2 Pengasih , tari gancar menggambarkan aktivitas anak sekolah dalam kegiatan belajar anak sekolah demi masa depannya.
Tarian gancar sekaligus sebagai penutup dari acara pembukaan PKP se kab.kulon progo.
 Lalu acara dilanjutkan dengan pengkondisian untuk acara lomba-lomba, proses lomba,setelah lomba selesai sambil menunggu perundingan juri diisi selingan hiburan dari UKMF CAMP Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) , pengumuman lomba dan penutupan. Acara ditutup sekitar pukul 15.00 WIB.


No.
Jenis Lomba
Juara I
Juara II
Juara III
1.
VOKAL GROUP( SMP)
SMP Negeri 1 Wates
SMP Negeri 1 Samigaluh
SMP Negeri 1 Temon
2.
FESTIVAL KREATIVITAS SENI TARI (SMP)
SMP Negeri 1 Pengasih
SMP Negeri  1 Wates
SMP Negeri 2 Kokap
3.
Cipta dan Baca Puisi (SMP)
Fuad Nur Ihsan
SMP Negeri 1 Samigaluh
Indah Wulandari
SMP N 1 Panjatan
Tika Budi Harsiningsih
SMP Nanggulan
4.
Seni Lukis SMP
Rahmat Dwi Putro
SMP Negeri 1 Galur
(kec.Galur)
Nur Hasan Syarif H.
SMP N 1 Wates
(Kec. Wates)
Mustika Anatami
SMP Negeri 1 Temon
(Kec. Temon)
5.
SENI TARI (SD)
SD N 1 Pripih (kec.kokap)
SD N Brosot (Kec.Galur)
SD N 2 Pengasih (kec.Pengasih)
6.
Menyanyi Tunggal
Federick Ernesa DG
SD Kanisius Wates
(kec.Wates)
Danika Rihan Nur Islami
SD N Gebangan
(kec.Pengasih)
Lisbeth Adventia Gloria Christi
SD Bobkri Temon
(Kec. Temon)
7.
Pidato Bahasa Indonesia
Rizal Nurdiansyah
SD N Gembongan
(kec.Sentolo)
Salman Rizki Hamka Dalimunthe
SD N Temon
(Kec.Temon)

Sri Wahyuni
SD N Gerjen
(Kec.Lendah)
8.
Cerita Bergambar
Lutfi Nur Afifah
SD N percobaan 4
Kec. Wates
Sania Nurul Latifah
SD N Panjatan
Kec. Panjatan
Lisa Randika
SD N 3 Sremo
Kec.Kokap
JUARA UMUM PENTAS KESENIAN PELAJAR 2012 KECAMATAN WATES






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aplikasi