Jumat, 07 Juni 2013

“Strategi 3M untuk Menumbuhkan Minat Membaca Siswa SD”

oleh Tim KKN-PPL PGSD UNY 2013 SD N 1 SEDAYU

Salah satu cara untuk menumbuhkan minat membaca anak adalah dengan menggunakan strategi 3M (menyimak, membaca, dan mendongeng). Strategi ini merupakan inovasi dari empat aspek kebahasaan (menyimak, membaca, menulis, dan berbicara). Sehingga selain untuk menumbuhkan minat baca, sekaligus meningkatkan empat aspek kebahasaan siswa. Strategi 3M juga disertai dengan penggunaan media wayang dan rumah pintar serta optimalisasi penggunaan perpustakaan.

Strategi ini diberi nama sebagai strategi 3M karena merupakan singkatan dari Menyimak, Membaca, dan Mendongeng. Pada tahap menyimak, guru menarik perhatian siswa dengan meminta siswa menyimak dongeng yang dibawakannya menggunakan media wayang. Kemudian dilanjutkan membaca mandiri, seluruh siswa ditugaskan membaca buku dongeng dan menuliskan sinopsisnya pada rumah pintar. Tahap terakhir yaitu mendongeng, siswa bertugas sebagai pendongeng sesuai dengan sinopsis yang ia tulis.

Wayang digunakan sebagai tokoh untuk mendongeng. Sedangkan rumah pintar adalah media yang digunakan untuk meletakkan sinopsis yang dibuat oleh siswa. Contoh bentuk wayang dan rumah pintar terdapat dalam lampiran foto.

Dengan strategi 3M ini, diharapkan minat membaca siswa semakin bertambah. Minat membaca yang tinggi, akan mendorong siswa menambah pengetahuannya. Selain itu  dengan penggunaan media wayang dan rumah pintar dapat mengoptimalisasi penggunaan perpustakaan sekolah. Siswa juga akan berlatih ketrampilan menulis dan ketrampilan bercerita.

1 komentar:

  1. usul gmn kalo wayangnya itu wayang suluh yg seperti tokoh2 perjuangan nasional
    trus ceritanya d hubungin sama sejarah.contohnya peristiwa sejarah d pentasin wayang.kan lebih efektif?
    malah bs buat plajaran sejarah jd menyenangkan.

    BalasHapus

Aplikasi